Minggu, 07 Agustus 2016

PERBEDAAN INVERTER PURE SINE WAVE DAN MODIFIED SINE WAVE

1. Apa yang dimaksud dengan Inverter Pure Sine-wave?
       Tegangan output dari inverter gelombang Pure Sine Wave memiliki bentuk gelombang sinus seperti gelombang-bentuk sinus listrik / tegangan listrik PLN. Dalam gelombang sinus, tegangan naik dan turun secara harmonis dengan sudut fase yang harmonis berubah dan juga perubahan polaritas langsung ketika berpindah dari 0 Volts.

2. Apa yang dimaksud dengan
Inverter Modified Sine-wave? 
       Dalam gelombang sinus dimodifikasi, tegangan naik dan turun tiba-tiba, sudut fase juga berubah tiba-tiba dan berhenti di 0 Volts untuk beberapa waktu sebelum mengubah polaritas.


perbedaan bentuk gelombang pure sine wave ( warna biru ) dan modified sine wave ( warna oranye )


3. Apa keuntungan dari Pure Sine-wave inverter? 
       Output bentuk gelombang adalah gelombang sinus murni dengan distorsi harmonik yang sangat rendah dan daya bersih seperti listrik sinus pada umumnya. Beban induktif seperti oven microwave dan motor berjalan lebih cepat, ringan, lebih halus, efisien dan lebih dingin.
       Tidak merusak perangkat elektronik induksi misal motor kipas, lampu neon, audio amplifier, TV, fax dll. Mencegah crash di komputer, hasil print out aneh dan gangguan di monitor televisi maupun komputer.

4. Perangkat mana tidak akan berfungsi dengan baik dari Inverter gelombang sinus Modifikasi?
       Setiap perangkat yang menggunakan sirkuit kontrol yang menggunakan fase (untuk tegangan / kontrol kecepatan) atau fase sesaat tegangan nol persimpangan (untuk kontrol waktu) tidak akan berfungsi dengan baik dari tegangan yang memiliki gelombang sinus modifikasi. Gelombang sinus dimodifikasi merupakan bentuk gelombang persegi, itu terdiri dari beberapa gelombang sinus harmonik ganjil (kelipatan) dari frekuensi fundamental dari gelombang sinus dimodifikasi. Misalnya, 60 Hz. dimodifikasi gelombang sinus akan terdiri dari gelombang sinus dengan frekuensi harmonik ganjil dari 3 (180 Hz), 5 (300 Hz.), 7 (420 Hz.) dan sebagainya. Frekuensi tinggi konten harmonik gelombang sinus dimodifikasi menghasilkan ditingkatkan gangguan radio, efek pemanasan lebih tinggi di motor / microwave dan menghasilkan overloading karena penurunan impedansi frekuensi rendah penyaring kapasitor / perbaikan power faktor kapasitor.

Beberapa contoh perangkat yang mungkin tidak bekerja dengan baik dengan inverter modified sine wave dan mungkin juga akan rusak, adalah sebagai berikut:
 
- Laser printer
- mesin fotokopi
- hard drive
- jam dalam perangkat seperti radio maupun jam alarm
- pembuat kopi
- oven microwave dll
- tegangan output perangkat kontrol seperti dimmer
- pengatur kecepatan kipas angin / motorik tidak dapat bekerja dengan baik (peredupan / kontrol kecepatan mungkin tidak berfungsi)
- mesin jahit listrik
- Transformer
- Beberapa lampu neon / lampu yang memiliki faktor daya kapasitor.

1 komentar:

  1. Kalo mesin cuci pompa air dan ac bila pake yg modified bisa?

    BalasHapus